Vivo Y17 Review, Spesifikasi dan Harga

Vivo Y17 Review: Plus dan Minus.



Harga banderol: Rp 2.990.000,-
Harga terbaru (disc): cek disini.

Vivo adalah salah satu merek dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, terutama di penjualan offline. Produk baru dari produsen Cina tersebut adalah Vivo Y17, yang merupakan ponsel tiga kamera yang resmi di-release pada bulan April 2019. Seperti kebanyakan ponsel terjangkau lainnya di kelasnya, Y17 tidak ketinggalan menelurkan desain yang modern dan tren dari sisi kamera. Tapi, apakah ia memiliki apa yang diperlukan untuk bertahan di tengah-tengah persaingan ketat saat ini?

Jadi, jika Anda sedang mencari unutk membeli ponsel baru dan bertanya-tanya apakah ponsel ini yang harus Anda beli, maka pada akhir ulasan ini, semoga Anda memiliki jawabannya. Mari kita langsung mengulas Vivo Y17 ini.

Vivo Y17 Review: Desain, dan Tampilan


Vivo Y17 terlihat natural secara fashion ketika Anda melihat dan memegang perangkat. Di bagian depan, ponsel ini memiliki layar LCD IPS 6,35 inci dengan takik tetesan air dan resolusi 720 x 1544 piksel. Cutout yang elegan ini adalah kamera yang berfungsi dengan opsi pemindaian wajah cepat.

Takik mungil yang dilengkapi dengan bezel minimal menghasilkan rasio layar terhadap body 81,91%. Meskipun Vivo seharusnya menggunakan layar resolusi Full HD, kami yakin sebagian besar pengguna generik tidak akan melihat piksel yang hilang. Itu juga karena warnanya cerah dan kontrasnya cukup tinggi.

Berbalik ke bagian belakang, Anda mendapatkan polycarbonate yang tembus pandang, dengan hasil akhir yang mengkilap dan tekstur yang halus.

Karena dapat menarik noda yang cukup banyak dan bertekstur licin, kami merekomendasikan menggunakan casing, baik yang dibundel dalam kotak mupun membeli terpisah.

Di belakang, Anda akan menemukan panel kamera vertikal, pemindai sidik jari yang responsif dan branding Vivo di bagian bawah.

Vivo Y17 terasa agak tebal, yang mungkin merupakan kompromi untuk mengakomodasi baterai yang cukup besar. Volume kontrol dan tombol daya di sisi kanan ponsel.

Di bagian bawah, Anda akan menemukan jack headphone 3.5mm, port micro-USB, dan speaker. Bergerak ke kiri, Anda akan menemukan tiga slot untuk memasukkan Dual SIM dan kartu microSD.

Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna: Mineral Blue dan Mystic Purple.

Ulasan Vivo Y17: Kinerja

Skor Benchmark Vivo Y17

Vivo Y17 memberi kinerja yang lumayan tanpa gangguan selama bermain game dan sesi multitasking. Handset ini ditenagai oleh chip MediaTek Helio P35 berbasis octa-core 12nm dengan kecepatan 2,3 GHz.

Skor benchmark prosesor ini berada diantara antara Snapdragon 625 dan Snapdragon 636.

Dalam penggunaan praktis, Vivo Y17 berjalan mulus. Game kelas atas seperti Asphalt 8 dan PUBG dapat dimainkan pada pengaturan rendah.

Vivo Y17 dilengkapi dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB, dan dapat ditambah hingga 256GB dengan memori eksternal. Penyimpanan yang cukup,memberi jaminan bahwa kinerja tidak akan menurun banyak dalam jangka panjang.

Sebagian kecil dari ruang internal ini sudah digunakan oleh beberapa pihak ke-3 dan perangkat lunak bawaan Vivo.

Beberapa di antaranya seperti aplikasi musik Gaana cukup bagus, sementara sebagian besar lainnya hanya membuang-buang ruang.




Ulasan Vivo Y17: Perangkat Lunak


Berbicara tentang perangkat lunak, Vivo FunTouch OS iteration 9 memang mencoba menjadi utilitarian tersendiri tetapi sepertinya memang tidak sesukses Xiaomi. OS ini membawa kesegaran desain yang sangat dibutuhkan dengan peluncur dan shorcut yang menyegarkan.

Vivo Y17 memiliki banyak fitur seperti- Asisten cerdas Jovi, Game Cube, mode Sepeda Motor, mode Satu Tangan, Klon Aplikasi, Easy touch, Smart Motion,  Smart mirroring, Smart split, Smart click dan banyak lagi. Banyak fitur dan aplikasi smart di ponsel ini.

OS Vivo yang didasarkan pada Android 9.0 Pie memang menjanjikan banyak fitur. Dan perangkat lunaknya cukup stabil (kami tidak menemukan bug atau gangguan yang tidak terduga).

Sayangnya, Vivo Y17 masih menyertakan sertifikasi Widevine DRM L3, yang artinya pengguna tidak akan mendapatkan Streaming HD di Netflix dan Amazon Prime. Namun tidak masalah di Indonesia karena masih jarang yang memiliki koneksi internet super cepat di negara ini.

Vivo Y17 Ulasan: Baterai


Sekarang kita ulas keunggulan utama ponsel ini, yaknibaterai 5000 mAh yang sangat besar. Sebagai pengguna yang sangat aktif, baik aplikasi dan aktivitas browsing, ponsel ini mengesankan kami dengan daya tahannya.
Setelah pengisian penuh, Vivo Y17 dapat tetap hidup dan berfungsi selama lebih dari 1 hari dan masih memiliki sekitar 7-8 persen baterai yang tersisa.

Ponsel ini juga dilengkapi pengisi daya cepat 18W dalam kemasan, yang sangat berguna untuk mengisi baterai yang sangat besar.

Daya tahan baterai adalah keluhan utama bagi sebagian besar smartphone saat ini, dan ini adalah salah satu keunggulan Y17 yang jarang dimiliki kompetitor.

Anda bisa mengandalkannya meskipun Anda adalah pengguna berat ponsel atau hobi menghabiskan beberapa jam main PUBG dan Instagram.

Vivo Y17 Ulasan: Kamera


Ponsel ini cukup advance dari sisi kamera karena menyelipkan 3 kamera di bagian belakang, yakni kamera utama dengan sensor 13 MP (f/2.2), dipasangkan dengan shooter ultrawide 16 mm  dengan sensor 8 MP (f/2.2) dan juga kamera depth 2 MP (f/2.4).

Anda juga mendapatkan fitur standar seperti flash LED, HDR, dan panorama. Sedangkan untuk perekaman video, Anda dapat merekam hingga 1080p @ 30fps.

Kamera selfie di depan juga sangat mumpuni dengan sensor 20 MP (f/2.0).

Hasil jepretan kamera indoor dan outdoor cukup bagus. Warna hasil pemotretan terlihat cukup bagus dan natural.

Hanya saja saat di malam hari karena kurangnya cahaya, hasil jepretan terlihat agak blur. namun hal ini dapat dimengerti karena faktor sedikitnya rana cahaya yang masuk ke sensor kamera.

Comments